23 Oktober 2023

Inilah Risiko Penggunaan E-Money yang Berbeda dengan Kartu Tabungan di Bank

 

Source image: google

Penggunaan e-money semakin luas, terutama dengan kewajiban cashless untuk setiap transaksi dan digunakan di fasilitas umum. E-money merupakan electronic money atau uang elektronik yaitu uang dalam bentuk non-tunai. Kartu ini menjadi alat pembayaran yang dipakai untuk membayar ketika naik transportasi umum seperti bis kota, krl, atau pembayaran jalan tol. Dalam kartu emoney terdapat jumlah nominal uang sesuai dengan yang telah pengguna tukarkan.

Harga kartu emoney kerap dicari masyarakat. E-Money merupakan sebuah kartu berisi uang elektronik yang diterbitkan oleh berbagai bank seperti Brizzi dari BRI, Flazz dari BCA, e-Money dari Bank Mandiri, TapCash dari BNI, dan masih banyak lagi. Nilai uang tersebut akan tersimpan dapat suatu media seperti server atau chip. Uang yang disimpan dalam kartu e-money bukan merupakan simpanan seperti tabungan di bank melainkan hanya untuk melakukan pembayaran.

Selain bermanfaat, adapula risiko saat penggunaan e-money. Berikut ini beberapa risiko yang perlu kamu partisipasi saat menggunakan emoney:

  1. Kartu e-money yang hilang tidak bisa diblokir atau diklaim ke penerbit emoney karena kartu ini tidak memiliki identitas. Artinya, setiap orang bebas menggunakan emoney tanpa perlu pin atau nama pribadi.
  2. Kartu e-money yang hilang dapat digunakan oelh pihak lain karena emoney memiliki prinsip yang sama seperti halnya uang tunai. Jika kartu ini hilang akan susah mencari pemiliknya.
  3. Kartu ini dapat digunakan untuk pembayaran ganda saat melakukan transaksi. Misalnya saat naik bus, kamu secara tidak langsung bisa melakukan tap dua kali pada mesin reader.
  4. Ada batasan jumlah nominal uang yang biasanya disimpan dalam kartu emoney. Jumlah uang ini akan berbeda setiap jenis penerbit bank yang mengeluarkannya.


Dengan beberapa risiko tersebut kamu perlu lebih hati-hati dan menjaga emoney agar tidak mudah rusak atau hilang. Kamu bisa menggunakan stiker atau kartu emoney custom untuk membedakan kartu milikmu dengan milik yang lain.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

0 Comments: