20 November 2020

Inilah Jenis Lampu Yang Sering Digunakan Untuk Neon Box



Bahwa visual atau gambar pada neonbox bisa terlihat menyala alias terang karena adanya lampu yg diletakkan sedemikian rupa di belakang gambar. Tentunya lampu-lampu tersebut tidak dapat dilihat karena Nonbox tertutupi oleh bahan visualnya dan plat penutupnya. Tetapi secara umum bahan yang biasanya digunakan untuk penerangan neonbox adalah :

1. Lampu Neon TL (Non LED) ; Ini adalah lampu generasi pertama yang banyak digunakan oleh pembuat Neonbox karena saat itu lampu LED belum tersedia banyak di pasaran dan harga neon box masih relatif mahal. Kekurangan lampu ini tentu pada konsumsi Watt nya yg lebih besar dibandingkan dengan lampu LED namun kami merasakan lampu ini sedikit lebih terang daripada lampu LED dan putihnya lebih bersih. Ukuran lampu neon ini yakni panjang 120cm untuk yang 36 Watt dan 60cm untuk yang 18 Watt. Untuk menggunakan lampu ini harus menambahkan alat bernama Ballast atau Travo untuk setiap lampunya. Lampu jenis ini bisa digunakan untuk neonbox baik 1 sisi maupun 2 sisi dengan jumlah yg sama saja.

2. Lampu Neon TL LED ; bentuknya sama saja dengan Lampu Neon TUbe non LED yg telah dijelaskan diatas. Namun perbedaannya adalah pada konsumsi listriknya dimana lampu LED mengklaim hemat 50% hingga 80%. Soal ketahanan sama saja dengan Lampu Neon Tube biasa dengan merk yg sama (Philips) yakni 12.000 jam sesuai keterangan di kemasan. Perbedaan lainnya yakni Lampu neon tube LED ini sudah tidak perlu dipasang dengan ballast/travo alias bisa langsung dicolok ke Listrik. Harga neon box jenis LED ini lebih mahal 30% daripada Lampu Neon TL Biasa

3. Lampu LED Modul
Dalam ranah perlampuan LED ada yang namanya Lampu LED Modul. Lampu LED modul ini bervariasi besar dan bentuknya. Ada yang 1 mata, 2 mata hingga 4 mata. Ada yang mata lampunya kecil ada yg besar. Tapi yang umum digunakan untuk Neonbox khususnya Neonbox 1 sisi adalah lampu led modul besar 3 mata. Ukurannya kira-kira panjang 6,5 cm dan ebar 1,5 cm. Antara modul dihubungkan dengan kabel berukuran panjang sekitar 8cm.

Previous Post
Next Post

0 Comments: