04 Januari 2023

Fungsi Stempel untuk Dokumen Resmi

Source image: google

 

Stempel merupakan tanda legalitas, pengesahan, dan keabsahan sebuah dokumen. Penggunaan stempel dapat menunjukkan kondisi suatu benda atau transaksi seperti lunas, lengkap, rusak, dan lain-lain. Untuk itu, maka stempel memiliki peranan penting sebagai tanda pengesahan yang menunjukkan suatu hal yang resmi dan sah.

Dahulu penggunaan stempel berfungsi sebagai tanda atau segel dalam proses pengiriman surat maupun paket. Segel ini disebut dengan Feng Ni atau Stempel Penyegelan. Tujuannya untuk mencegah paket agar tidak dibuka oleh orang jahil yang tidak bertanggung jawab. Fungsi tersebut akhirnya menjadi tren hingga saat ini. 

 

Untuk menjamin keamanan saat transaksi atau penyimpanan barang, stempel ini digunakan sebagai bukti bahwa barang tersebut asli. Selanjutnya, berikut beberapa fungsi stempel yang perlu kamu ketahui:

Pengesahan dokumen


Fungsi stempel untuk mengesahkan dokumen atau berkas. Terutama untuk berbagai dokumen resmi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah atau perusahaan. Meskipun sudah tertera tanda tangan, pengesahan dokumen terasa kurang ketika belum ada stempel di atasnya. Misalnya surat resmi, ijazah, transkrip nilai, dan sebagainya.

Memperkuat keputusan


Saat menulis suatu keputasan dalam lembaran kertas, maka diperlukan sebuah bukti untuk memperkuat keputusan tersebut. Nah, di sinilah fungsi stempel untuk memperkuat dan menjadikan keputusan yang terlah dibuat resmi dan sah untuk dilaksanakan.

Bentuk tanggung jawab


Umumnya penggunaan stempel telah diatur dalam Aturan Dasar Rumah Tangga atau AD-ART sebuah organisasi atau perusahaan tertentu. Untuk itu, maka penggunaannya tak bisa sembarangan. Alat ini menjadi bentuk pertanggungjawaban seseorang. Dengan membubuhkan stempel pada berkas atau dokumen, maka orang tersebut telah bersedia bertanggung jawa sepenuhnya atas dokumen atau berkas tersebut.

Membantu branding


Ternyata alat ini akan membantu branding untuk perusahaan maupun bisnismu, lho. Hal ini karena stempel yang kamu bubuhkan pada dokumen atau berkas akan mudah dilihat pihak lain. Nah, jika dokumen tersebut diberikan kepada pihak lain atau berpindah tangan, tentunya orang lain akan melihat stempel tersebut.
 

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!
Previous Post
Next Post

0 Comments: