05 Oktober 2020

Jenis dan Karakteristik Buku Yasin

Buku yasin yang beredar dimasyarakat memiliki beberapa macam dan karakteristik. Hal tersebut dengan tujuan yang sama untuk mengajak pembacanya agar lebih rajin membaca ayat ayat-Nya serta mengamalkan beberapa bacaan atau doa-doanya yang dinilai akan semakin mendekatkan diri seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

Berikut beberapa jenis buku yasin yang beredar diantaranya:

  1. Buku Yasin
    Berisi surat Yasin sebagaimana terdapat dalam mushaf Al-Qur’an dengan beberapa tambahan halaman yang diisi dengan doa setelah membaca surah yasin dan tahlil pendek.

  2. Buku Yasin dan Tahlil
    Buku Yasin ini lebih kompleks dan berbeda dengan buku Yasin pada umumnya. Tidak hanya berisi surah yasin dan tahlil, namun juga dilengkapi dengan doa-doa yang berkaitan seperti doa khusus jenazah, doa ziarah kubur, doa malam nisfu syaban, doa selamat dan shalawat nariyah. Bacaan tahlilnya pun lebih panjang.

  3. Buku Yasin Tahlil dan Istighatsah
    Sebagaimana halnya buku yasin tahlil yang lengkap dengan tambahan istighatsah didalamnya yang akan menambah kekhidmatan muhasabah diri seseorang.

  4. Buku Yasin Fadhilah
    Buku Yasin karangan Muhammad Imam Al-Faqih Al-Muqaddam ini berbeda juga dengan biasanya, buku Yasin ini lebih identik. Dalam buku ini terdapat karakteristik yang menunjukkan identitasnya baik secara tulisan maupun kaidah. Beberapa karakter tersebut adalah
    – Ayat pertama (yaasiin) diulangi sebanyak 3 hingga 7 kali
    – Diantara beberapa ayat yang satu dan yang lain diselingi dzikir dan doa
    – Setiap dzikir dan doa yang mengiringi ayat itu selalu dibuka dengan shalawat dan salam
       atas Nabi Muhammad SAW, keluarganya dan para sahabatnya
    – Dzikir dan doa yang mengiringi ayat selalu diulang sebanyak 3 kali
    – Setelah surat yasin itu tamat, kemudian ditutup dengan tahlil dan doa-doa
       sebagaimana buku yasin kebanyakan.
Previous Post
Next Post

0 Comments: