09 Oktober 2020

Cara Kerja Digital Printing dan Offset Printing



Untuk  segi biaya produksi metode Digital Printing merogoh kocek yang lebih tinggi untuk per satuan nya dibanding metode cetak konvensional seperti Percetakan Offset, Sablon / Screen Printing.  Namun, metode Digital Printing ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Metode Percetakan Offset maupun Sablon, yaitu tidak memerlukan Proses Pra Cetak seperti Pembuatan Film, Plat Cetak (Offset), Afdruk Screen (Sablon).

Dalam prosesnya Digital Printing lebih ringkas oleh karena itu membuat Digital Printing menjadi lebih banyak digunakan untuk pengerjaan cetak dalam jumlah skala kecil, mencetak dengan Waktu yang sangat Cepat dan Instan.

Berikut adalah penjelasan dari alur bagaimana alur proses kerja antarar Offset printing, Screen printing, Screen printing ( Sablon), Digital printing.

·         Offset Printing : File Gambar >† Film / CTP (Computer to Plate) / Plate† Mesin >† Media

·         Screen Printing : File Gambar >† Film / Kalkir >† Screen † Media

·         Digital Printing : File Gambar †> Mesin >† Media

Digital Printing dibedakan berdasarkan jenis mesin yang digunakan:

      Large Format Digital Printing , menggunakan Mesin Printer yang memiliki Ukuran 
            Besar, untuk Mencetak / Print Banner, Spanduk, Umbul Umbul, Baliho, Billboard, Neon 
            Box, Sticker Vinyl, Sticker One way, Canvas, Kain, dll.

Digital Offset Printing, merupakan Mesin Printer Digital yang bisa mencetak / print di Kertas HVS, Art Paper, Matte Paper, Fancy, Duplek, Ivory, dll. Merupakan Solusi terbaik mencetak jumlah satuan / sedikit yang tidak bisa dijangkau oleh Mesin Percetakan Offset.

Screen Digital Printing / Sablon Digital untuk Kaos, merupakan Mesin Sablon Kaos Digital yang bisa langsung Mencetak di Kain Kaos tersebut dan hasil nya lebih Bagus dibanding Sablon Konvensional.

Mug / Keramik Printing, Mesin Print untuk Gelas Mug, Keramik, yang menghasilkan Cetakan Gambar di Media Mug dan Keramik.

dan Masih banyak Lagi Jenis Digital Printing yang ada, yang akan terus bertambah Variasi dan kegunaannya seiring dengan Perkembangan dunia Digital Printing.

Previous Post
Next Post

0 Comments: