26 Februari 2023

Beragam Jenis Format Buku Digital atau Ebook

 

Source image: google

Ebook adalah file atau bentuk digital dari buku cetak. Sama halnya buku cetak, ebook juga berisi teks dan gambar, namun perbedaannya ebook dapat juga memuat informasi lain seperti audio atau video yang dapat diakses melalui komputer, tab, gadget, atau perangkat lain yang dapat terhubung.

Hadirnya ebook akan mempermudah penulis dalam menyampaikan informasi dan memudahkan pembaca ketika menerima informasi. Tanpa mengeluarkan banyak uang, waktu, dan usaha, dengan ebook akan menjangkau orang lebih banyak dan lebih cepat.

Jika membicarakan buku digital maka tak bisa terpisahkan dari bagaimana format ebook dapat terbaca di perangkat. Inilah beberapa format ebook yang beredar di masyarakat:

1. PDF


PDF merupakan salah satu format ebook yang paling banyak digunakan. Format PDF diciptakan oleh Adobe untuk produck Adobe Acrobat. Format ini mendukung terjadinya pertukaran dokumen. Karena paling banyak digunakan, format ini telah didukung oleh berbagai perangkat baik komputer, laptop, ataupun gadget. Namun, beberapa perangkat mengalami kendala ketika membuka dokumen format ini karena beberapa format PDF terbuat dari file kertas ukuran A4 atau surat yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil dan menyesuaikan dengan layar perangkat yang kecil.

2. EPUB


EPUB merupakan format yang terbuka oleh forum open digital book dari International Digital Publishing Forum (IDPF). Hal itu mengacu pada standar XHTML dan XML yang merupakan standar yang saat ini berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat kamu temukan di situs web IDPF. Sedangkan untuk Adobe, Barnes & Noble dan Apple memiliki DRM (Digital Rights Managemen) atau format mereka sendiri yang tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya.

3. AZW


AZW merupakan format pdf dari proprietary Amazon. Buku digital ini dapat digunakan dengan perangkat yang kompatibel dari amazon. Untuk itu tak heran jika format ini di khususkan untuk Kindle Amazon.

4. PDB (Palm File Database)


Format PDB merupakan format digital book yang ditujukan untuk perangkat yang berbasis sistem operasi Palm. Umumnya buku digital ini memiliki format PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader.

5. MOBI


Format MOBI dapat ditampilkan dengan menggunakan perangkat lunak pembaca sendiri yaitu MOBI Pocket yang tersedia di hampir semua PDA dan gadget.

Itulah lima jenis format ebook yang banyak digunakan dan tersedia dengan berbagai sistem pembacanya. Kamu dapat menyesuaikan dengan perangkat yang dimiliki.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

0 Comments: