27 Februari 2023

Jenis Tinta Print Kain untuk Hasil yang Berkualitas

 

Source image: google

Digital printing atau yang juga dikenal dengan teknik print kain merupakan metode yang digunakan untuk mencetak desain atau gambar grafis pada kain. Proses kegiatan printing kain ini membuat kain memiliki motif yang sesuai dengan keinginan pemesannya. Hasil cetakan printing kain tersebar dari berbagai produk tekstil yang memiliki nilai estetika dan daya tarik yang lebih.

Warna yang tercetak berasal dari tinta khusus kain yang berkualitas. Hal ini akan menghasilkan cetakan mulai dari warna hingga desain dan motif yang dapat menempel secara sempurna dan bertahan dengan baik pada kain. Selain itu, warna khusus yang dipakai untuk proses printing kain memiliki sertifikasi aman untuk kulis sehingga kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan produk tekstil ini.

Beberapa jenis tinta print kain yang digunakan tergantung pada keperluan dan jenis kain yang akan menjadi media cetaknya. Berikut beberapa jenis tinta yang perlu kamu ketahui:

Tinta sublimasi


Jenis tinta ini merupakan tinta yang digunakan dalam proses metode printing sublime. Teknik ini menggunakan kertas transfer dan menggunakan alat press untuk membuat gambar atau motif agar tersublimasi pada kain, sehingga motif atau desain dapat menempel pada kain. Tinta sublimasi merupakan zat pewarna yang terbuat dari cairan pelarut seperti air yang saat diberi suhu sekitar 180-210 C maka akan mengalami sublimasi atau perpindahan dari partikel padat ke gas.

Tinta pigment


Tinta pigment merupakan jenis tinta yang menggunakan partikel kecil dari bahan pewarna yang digunakan untuk membuat desain atau motif pada kain. Cara kerja tinta pigment ini yaitu dengan menempel pada kain dan bukan menyerap. Untuk itu, maka dalam beberapa kondisi, warna ini dapat bertahan lama hingga beberapa puluh tahun.

Tinta solvent


Tinta solvent merupakan jenis tinta yang berbahan dasar minyak atau oil yang terbuat dari campuran pigment dan resin. Untuk membuat pigment dan resin tetap dalam keadaan cair, maka diperlukan pelarut agar dapat digunakan untuk memberikan motif atau gambar yang tepat ke dalam kain.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

0 Comments: