20 November 2023

Jenis Nota yang Biasa Dipakai dalam Transaksi Jual Beli

Source image: google


Nota adalah satu satu bagian yang penting sebagai sebuah bukti transaksi yang sah. Tanpa adanya nota, pembeli tidak bisa melakukan klaim jika terjadi kesalahan seperti barang, harga, atau pengembalian. Untuk penjual, nota ini dapat memberikan informasi terkait jumlah barang, jenis barang, harga, hingga informasi lain yang berguna sebagai bahan evaluasi penjualan dan bahan laporan keuangan. Untuk pembeli, nota berguna untuk bukti jika terjadi kesalahan pencatatan dalam transaksi.

Sebagian besar nota memiliki fungsi yang sama yaitu alat bukti transaksi yang sah. Namun, beberapa jenis nota memiliki penggunaan yang berbeda. Berikut ini penjelasan tentang jenis nota dan penggunaannya:

Nota Penjualan


Jenis nota ini merupakan jenis nota yang banyak dijumpai karena dapat digunakan sebagai bukti transaksi yang sah dalam suatu transaksi pembelian. Nota penjualan ini biasanya dibuat dalam dua rangkap atau salinan yang terdiri dari satu salinan diberikan kepada pembeli dan satu lagi disimpan sebagai arsip perusahaan. Nota penjualan yang disimpan oleh toko akan digunakan sebagai perhitungan lama di akhir penutupan buku.

Nota Kontan


Jenis nota ini merupakan nota kontak yang menjadi bukti transaksi tunai paling umum dan sah. Biasanya kamu akan menjumpai nota kontan ini di berbagai gerai misalnya toko penjual kopi yang terdiri dari satu nota untuk penjual dan satu nota untuk pembeli. Meskipun jenis ini berbeda, fungsi nota juga tetap sama yaitu untuk mendeteksi apabila terjadi kesalahan pada proses transaksi sekaligus menjadi bukti stok barang yang terjual.

Nota Kredit


Nota kredit merupakan jenis nota yang sering digunakan dalam transaksi penerimaan barang yang dilakukan secara kredit. Bukti penerimaan ini diberikan oleh penjualn sebagai pemeriksaan barang yang diterima pembeli agar barang bisa dikembalikan apabila tidak sesuai dengan pesanan. Setelah menerima nota, penjual akan menyesuaikan dengan pesanan pembeli sesuai dengan peraturan dan perjanjian sehingga tidak terjadi kesalahan.

Nota Debit


Nota yang juga sering kamu temui adalah nota debit. Jenis nota ini berguna untuk pengembalian barang yang dibeli secara kredit. Nota kredit ini dikeluarkan jika pembeli melakukan pembayaran secara kredit dan terdapat pengurangan harga faktur akibat rusak. Penjual bisa memberikan konfirmasi dan tindak lanjut terhadap barang setelah melakukan pencatatan barang yang telah direvisi.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet!

Yuk, segera penuhi kebutuhan cetakmu di Snapy!

Previous Post
Next Post

0 Comments: