Brosur merupakan media cetak yang berguna untuk mempromosikan produk yang ingin dipasarkan. Dalam pembuatan brosur kita harus mengetahui berbagai jenis dan ukuran, hal ini sangatlah penting agar nantinya kita dapat menentukan jenis brosur mana yang tepat untuk promosi yang akan kita buat.
Kegunaan brosur tidak hanya digunakan untuk media promosi sebuah barang, namun bisa juga untuk mempromosikan jasa. Promosi menggunakan brosur biasanya dilakukan oleh usaha usaha baru yang sedang di rilis sehingga target pasar mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan sebuah usaha tersebut.
Di dalam dunia marketing penggunaan brosur dan selebaran merupakan strategi
yang efisien dan tertuju langsung terhadap konsumen. Karena pelaku bisnis akan
terjun langsung bertatap muka langsung untuk memberikan informasi kepada
target pasar sehingga berpeluang membuat calon konsumen akan merasa tertarik
dengan promosi yang tercantum pada brosur.
Berikut jenis-jenis brosur berdasarkan lipatan brosur itu sendiri:
Brosur Tanpa Lipatan
Brosur tanpa lipatan lebih dikenal sebagai Flyer, umumnya ukuran Flyer yang
banyak digunakan yaitu ukuran A5 ( 14.8 cm x 21 cm). Jika konten yang
akan dimuat sedikit, sangat disarankan untuk menggunakan flyer sebagai media.
Brosur 2 Lipatan
Brosur 2 lipatan umumnya menggunakan
kertas jenis A4 berukuran (21 cm x 29.7 cm). Kertas akan dilipat 2 dengan
begitu ada 4 halaman depan dan belakang. Brosur jenis ini biasa digunakan untuk
promosi yang lebih banyak memuat konten informasi.
Brosur 3 Lipatan
Brosur 3 lipatan, brosur yang sangat
diminati dan populer paling banyak digunakan dalam strategi promosi barang atau
jasa. Ukuran kertas yang di pakai untuk membuat brosur 3 lipatan yaitu A4 (21
cm x 29.7 cm) dimana kertas akan di lipat menjadi 3 bagian sehingga brosur akan
memiliki 6 sisi halaman. Brosur 3 lipatan sangat disarankan Jika ingin membuat
sebuah brosur yang memiliki banyak gambar dan memiliki banyak konten
informasi yang harus disampaikan.
0 Comments: