22 Desember 2020

Jenis - jenis Bahan Spanduk

Spanduk adalah salah satu media untuk menyebarkan informasi maupun himbauan penting. Umumnya, spanduk dipasang di pinggir jalan, dibentangkan di atas jalan raya, pintu masuk kompleks perumahan, hingga tembok perusahaan. Ukuran spanduk pun bermacam-macam, seringnya disesuaikan dengan isi serta lokasi pemasangan. Bila Anda sedang berencana membuat spanduk, berikut ukuran spanduk standar serta jenis-jenis bahannya!

Jenis bahan spanduk

Setiap pemilik bisnis tentu saja pernah atau akan menggunakan spanduk sebagai media promosi. Dalam hal ini, bentuk promosi yang direncanakan pun pasti beragam. Oleh karena itu, jenis dan ukuran spanduk standar yang Anda butuhkan pasti berbeda-beda. Agar sesuai dengan ekspektasi, berikut jenis bahan spanduk yang perlu Anda ketahui.

-          Flexi China – karakter bahan spanduk flexi China adalah tipis dan kasar. Bahan ini biasanya dipakai untuk membuat Y banner, X banner, dan roll-up banner. Bahan flexi China bakal lebih awet jika dipakai untuk banner dalam ruangan sebab terhindar dari paparan sinar matahari maupun air hujan.

-          Flexi Korea – jenis bahan flexi Korea memiliki tekstur lebih halus sehingga menghasilkan cetakan berkualitas tinggi. Karena ketebalannya cukup baik, maka bahan flexi Korea cocok dijadikan bahan promosi outdoor seperti spanduk dan baliho. Namun, bisa juga untuk banner dan backwall/backdrop.

-          Flexi Jerman – kualitas bahan flexi Jerman ada di atas flexi China dan Korea. Ketebalannya begitu baik, sehingga lebih kuat jika dijadikan spanduk atau baliho outdoor. Karena kualitasnya yang bagus, maka bahan flexi Jerman hanya dapat Anda temukan di industri percetakan besar mengingat harganya pun lebih mahal.

-          Albatros – tekstur bahan albatros lebih mirip dengan kertas yaitu lembut dan halus. Karena karakteristiknya tipis dan gampang robek, albatros lebih cocok dijadikan bahan untuk membuat poster, mini X banner, X banner, Y banner, dan roll-up banner yang diletakkan di dalam ruangan.

-          Luster – bahan luster memiliki tekstur yang tipis dan kasar. Meskipun begitu, keunggulan luster adalah bahannya yang sudah cukup mengkilap. Anda tidak perlu melakukan laminasi tambahan terhadap bahan luster jika menjadikannya bahan roll-up banner.

-          Easy banner – bahan easy banner teksturnya kasar dan agak kaku. Oleh karena itu, easy banner sangat ideal sebagai bahan standing banner yang biasanya ditaruh di luar ruangan. Anda dapat menyesuaikan ukuran spanduk standar banner untuk outdoor sesuai dengan yang diinginkan.

-          Banner cloth – spesifikasi banner cloth adalah tipis, ringan, dan sekilas mirip dengan kain. Karena sangat ringan, banner cloth biasanya dipakai sebagai bahan banner dalam acara-acara peresmian di mana ada banner yang diterbangkan dengan balon. Anda dapat memilih ukuran spanduk standar banner cloth kecil agar lebih mudah diterbangkan.

Previous Post
Next Post

0 Comments: